Hello world! I'm Gunawan Rudy.

Goen, Rudy, Koh — you name it. Ordinary Homo sapiens, indolent blogger, webdesigner-wannabe.
Broadcasting to [...] watcher live from Djogjakarta, Indonesia, 7°45'58"S and 110°23'4"E.

@gunawanrudy: pantai gading. guinea khatulistiwa. tanjung verde. indonesia memang mahir dalam hal terjemahan nama negara.

Sebenarnya apa agama saya?

// Blog // Thursday, September 13th, 2007 at 2:31 pm // 182 comments

Dari Catatan Seorang Agnostik, 13 September 2007…

It's a secret, dear

Saya kesal.

Saya lelah.

Kesal karena terus-menerus dihujani pertanyaan yang sama.

Yang bagi saya tidak ada gunanya.

Lelah karena pertanyaan itu seakan tidak ada akhirnya.

Sedari saya mendaftar di Perguruan Tinggi.

Melewati ujian masuk, seterusnya ke pendaftaran uang ulang.

Di ospek pun begitu, makrab tak ketinggalan pula.

Seterusnya kuliah perdana, dan kuliah-kuliah setelahnya.

Sebenarnya untuk apa kalian bertanya seperti itu?

“Agama kamu apa, sih?”

“Kamu agamanya apa ya?”

Saya kesal.

Saya lelah.

Memang, solusinya mudah.

Cukup saja katakan agama yang saya warisi dari orangtua anut.

Yang tertera sangat jelas di KTP saya.

Walau saya sebenarnya miris melihat kolom pencantuman agama.

Tapi tidak semudah itu.

Bagi saya jelas tidak mudah.

Saya sebenarnya bisa dan bangga menjawabnya.

Cuma ada satu masalah.

Mengapa agama yang saya anut harus ditanyakan segala?

Pentingkah itu?

Oh, lupakan.

Saya tidak menjawabnya dan hanya tersenyum simpul.

Lalu muncul beberapa spekulasi.

“Kamu Katholik ya?”

“Agama kamu Katholik?”

“Kamu pasti Kristen.”

“Hmnnn… Buddha?”

“Kamu Islam?”

“Kristen?”

Dan masih banyak lagi spekulasi.

“Kamu Konghuchu?”

Dan lagi, lagi seterusnya.

Saya tetap tidak menjawab, hanya bertanya balik.

“Darimana tebakan itu?”

Tebakan, ya, tebakan!

“Wajah kamu keliatan banget deh.”

Takjubnya, agama bisa ditebak dari fisik!

“Sifat dan sikap kamu kayaknya sih.”

Lagi, dari sifat dan sikap?

Saya tetap tidak menjawab.

Membiarkan mahasiswa seangkatan di fakultas tetap tidak mengetahuinya.

Agama itu di dalam diri saya.

Dan Tuhan lah yang saya sembah.

…dalam nama rozenesia~

Labels: , , , , , , , ,


Facebook // Delicious // Digg // Technorati // Stumble // LintasBerita // Plurk // Twitter


182 Responses

  1. #1 dipaksa baca Thursday, September 13th, 2007 at 15:03 From INDONESIA

    yah mau gimana lagi...kau sendiri yang mempersulit agama yang kau anut dengan kepercayaan yang kau ikat...kalo emang g mau repot...tinggal jawab aja beres kan...???

    islam kek..
    kristen kek..
    protestan kek..
    budha kek..
    hindu kek..
    agama lain yang belum saya sebutkan jangan marah karena saya emang g peduli dengan agama

    dan mengenai dapat diliat dari fisik...kan memang benar bahwa agama adalah faktor keturunan,ras juga faktor keturunan...agama = faktor keturunan = ras...

  2. #4 rozenesia Thursday, September 13th, 2007 at 15:45 From INDONESIA

    @ dipaksa baca: Nah, komentarnya ngadat di tengah nih, bukan menuju sasaran dari tulisan. Ga apa deh. Memang, sudah dijawab kalau menjawab itu gampang, seperti yang tertulis. ;)
    Namun ada masalah lain, dan inilah saya sebenarnya saya bahas. :D
    Agama itu, memang keturunan, mayoritasnya begitu. Orangtuamu agama A, kamu kemungkinan besar agama A pula... Dan jika dikaitkan dengan ras, saya agak sensitif masalah ini. Bagi saya, aneh jika menebak agama seseorang dari fisiknya.

    @ Uchiha Miyu: Nah, begitu dong. Terima kasih. :D

    @ qnewt: Ini bukan ribut, bung. Ini hanya tanya jawab kebatinan yang diungkapkan dalam sebuah karya sastra (??). :lol:

  3. #5 dipaksa baca Thursday, September 13th, 2007 at 16:03 From INDONESIA

    secara gw rasial...

    lo mau apa...???emang beberapa ras identik dengan agama tertentu kok...

    kalo emang pingin nyalahin sesuatu...salahin aja tuh orang" suci bego yang nyebarin dogma secara terpusat....

    ya aku tau sasarannya semoga benar tuh kenapa melihat dari fisik kan...???ya itu aku bilang tadi...ras membentuk penampilan luar...???ya....ras dipengaruhi faktor keturunan...???ya...faktor keturunan sangat mempengaruhi agama...???ya.......seseorang menebak agama orang lain dari penampilan luarnya saja...???sangat mungkin..

    *apalagi kau kuliah ditempat banyak orang dari berbagai ras daerah berkumpul...otomatis mereka mencari apa yang kau sebut dengan konformitas sosial,mereka cenderung untuk mencari teman dengan beberapa ciri khas yang sama...dalam hal ini agama...

    salam damai,kalo g terima ayo kita perang sekarang...*ditendang*

  4. #6 peyek Thursday, September 13th, 2007 at 16:10 From INDONESIA

    Ehem...

    remeh tapi memang menjengkelkan, apalagi dihubung-hubungkan sama fisik, ah... !! serasa pengen muntah

  5. #7 alex Thursday, September 13th, 2007 at 16:24 From INDONESIA

    Agama itu di dalam diri saya.

    Dan Tuhan lah yang saya sembah.

    *catet*
    Terasa individualistis, tapi memang demikian adanya.
    Couldn't agree more... ;)

  6. #8 cK Thursday, September 13th, 2007 at 22:12 From INDONESIA

    kita senasib :mrgreen:

  7. #9 Ady Friday, September 14th, 2007 at 1:20 From AUSTRALIA

    Benar,
    Agama ada dalam hati, ngga usah di permasalahkan. Yang terpenting bagaimana saling menghargai... tul ga??
    Lam kenal yah

  8. #10 NesiaWeek Friday, September 14th, 2007 at 4:44 From INDONESIA

    Tidak setiap rasa harus diberi nama. Jadi orang baik saja, sudah lebih dari cukup, buat Tuhan dan manusia.
    Salam Nesia!

  9. #11 Sawali Tuhusetya Friday, September 14th, 2007 at 5:07 From INDONESIA

    Pencantuman agama di KTP un bisa jadi salah satu bentuk diskriminasi juga. Sebab dengan mengetahui agama seseorang, orang lain cenderung untuk mengambil sikap yang sesuai dengan agama dua.

  10. #12 sigid Friday, September 14th, 2007 at 5:34 From INDONESIA

    Saya punya temen waktu KKN tahun 2002 yang mengisi kolom agama dengan kata Kemanusiaan.
    Dia juga kecewa terhadap kondisi "kolom agama di KTP".
    Sepertinya dia berpikir bahwa agama tidak seharusnya menjadi sarana untuk saling nge-cap :wink:

  11. #13 Kopral Geddoe Friday, September 14th, 2007 at 5:54 From MALAYSIA

    Ah, bikin agama baru, yuk. Situ susun kitab sucinya, saya jadi nabinya. :P

  12. #14 gi males login Friday, September 14th, 2007 at 7:12 From INDONESIA

    dah dibilang buat agama agnostik, nggak mau sih. :P

  13. #15 secondprince Friday, September 14th, 2007 at 8:32 From INDONESIA

    wah sama tuh kalau saya sering dibilang "orang hindu" ya
    saya setuju kalau agama gak bisa dilihat dari fisik

    @ Difo
    walah bagusnya Mas sekaligus buat kitab sucinya
    biar mencegah kemungkinan kontradiksi
    eh kalau Mas udah jadi Nabi, saya yg jadi kafirnya ya :P

    @ Mas Dana
    agnostik jadi agama??
    bukannya lebih tepat gak beragama tuh :D

  14. #16 Bachtiar Friday, September 14th, 2007 at 13:17 From INDONESIA

    ya sudah saya katakan.
    kamu bukan orang beragama !!!! dasar atheis !!!
    wakakakakkkk

    gitu aja koq repot

  15. #17 danalingga Friday, September 14th, 2007 at 13:32 From INDONESIA

    @secondprince

    yah itu agama yang tak beragama. *bingung*

  16. #18 Resta Friday, September 14th, 2007 at 15:15 From INDONESIA

    eh eh, apapun agamanya yang penting salam kenal ajah... ;)

  17. #19 regsa Friday, September 14th, 2007 at 15:26 From SINGAPORE

    Agama itu di dalam diri saya.

    Dan Tuhan lah yang saya sembah.

    agama bukan untuk diperdebatkan..itu urusan saya dengan Tuhan saya

  18. #20 Amed Friday, September 14th, 2007 at 16:02 From INDONESIA

    Apapun agamanya... minumnya te....

    *Dihajar karena nyampah*

  19. #21 cK Friday, September 14th, 2007 at 21:28 From INDONESIA

    saran saya, pake pecijilbab saja biar kelihatan agamanya apa. :D

    *digampar sekampung*

  20. #22 alex Friday, September 14th, 2007 at 21:33 From INDONESIA

    *tarik2 jilbab chika*
    huh! saya tertipuh! kirain miyabi! :lol:

  21. #23 rozenesia Friday, September 14th, 2007 at 21:58 From INDONESIA

    @ dipaksa baca: *ngasih sesajen* (moga ga nolak, ga minta yang macem-macem kayak sebagian oknum mbah)
    Well... Sebenarnya bukan masalah saya kuliah di mana, mbah. Tapi masalahnya itu uang kuliah... Kasih solusi dong, mbah. :( (OTT mode: ON)
    [ntar disambung, kau ada di sebelahku sih, jadi ga selera ngetiknya]

    @ peyek: Kadang hal yang remehlah yang menyebabkan perpecahan, cak. :(

    @ alex: Sayangnya kepedulian agamis sosial saya mulai terkikis. :mrgreen:

    @ cK: *jabat tangan*

    @ Ady: Salam kenal. Yup, ga usah dipermasalahkan lebih jauh. Bikin repot aja. :D

    @ NesiaWeek: Hidup agnostik! Hidup nesia! :P

    @ Sawali Tuhusetya: Tauk nih, Pak. KTP saya kegedean, jadi ngepas banget di dompet. Hilangkan aja kolom agama, KTP tambah kecil. Pas deh~

    @ sigid: Nah, ayo buat agama "Kemanusiaan". :lol: *ngomporin*

    @ Kopral Geddoe: Kalo saya yang nyusun kitab sucinya, saya tulis kalo Tuhannya saya. :lol:

    @ gi males login: Bisa diganyang beberapa kelompok 'pokoknya'. :lol:

    @ secondprince: Hindu? :?

    @ Bachtiar: Tidak beragama bukan berarti atheis, tuan. :D

    @ Resta: Salam kenal lagi! :D

    @ regsa: Jadi kepikiran kalo Tuhan geleng-geleng kepala (??) ngeliat manusia ribut sendiri. :lol:

    @ Amed: Makannya apa? *lempar sampah* :lol:

    @ cK: *ngakak liat foto yang komen ini pakai jilbab* :lol:

  22. #24 rozenesia Friday, September 14th, 2007 at 21:58 From INDONESIA

    @ alex: Dia mirip Miyabi? 8O *catet*

  23. #25 Magister of Chaos Saturday, September 15th, 2007 at 1:47 From INDONESIA

    Hehehe.... Lingkaran agama nie...hehehe

    Asal jangan keasyikan keluar masuk......hihihi.......

    kalau ditanya, ya tanya balik aja....

  24. #26 baliazura Saturday, September 15th, 2007 at 4:24 From INDONESIA

    saya juga pernah mengalami hal semacam itu(pertanyaan)
    saya rasa keingin tauhan mereka wajar,ya sapa tau nanti suatu saat diajak sholat ech ternyata bukan muslim (notabene kan mayoritas di Indonesia ini Muslim)

  25. #27 Black_Claw Saturday, September 15th, 2007 at 8:19 From NORWAY

    Kok kayaknya nyang bikin blog ini gue kenal.. Hmm...

  26. #28 fertob Saturday, September 15th, 2007 at 19:55 From INDONESIA

    kayaknya lebih penting kolom golongan darah di KTP dibandingkan agama, tapi seringkali golongan darah dikosongkan (atau malah nggak ada ?)

    misalnya, waktu kecelakaan dan butuh transfusi darah secepatnya, yang ditanyakan kan "eh, golongan darahnya apaan ?" bukannya "eh, agamanya apaan ?" :mrgreen:

    betul, agama itu dalam diri sendiri

  27. #29 alex Saturday, September 15th, 2007 at 22:11 From INDONESIA

    misalnya, waktu kecelakaan dan butuh transfusi darah secepatnya, yang ditanyakan kan “eh, golongan darahnya apaan ?” bukannya “eh, agamanya apaan ?” :mrgreen:

    Ahahahahaha....
    Benar memang :lol:

    *ngakak subuh2*

  28. #30 antobilang Sunday, September 16th, 2007 at 10:29 From INDONESIA

    jadi inget ada tulisan gedhe di tembok deket malioboro,
    AGAMA, ANTARA AKU DAN DIA
    BUKAN ANTARA AKU DAN MEREKA
    ditulis gedhe2 pake pilox, kayaknya perlu deh sekali2 ente melihat tembok itu :D

    *kabur, mo buka puasa dolo di lembah UGM*

  29. #31 Dream Maker Sunday, September 16th, 2007 at 12:33 From INDONESIA

    Agama?

    Santai ajah~ Jawab ajah beda-beda ke setiap orang... [anak ini kok minta digaplok ~__~]

    Tapi benernya apa sih pentingnya agama? Yang disembah itu satu kan? [eh, gak tau juga deh, siapa tau ada yang nyembah yang lain... :P]

  30. #32 Bebek Jamuran... Sunday, September 16th, 2007 at 14:05 From INDONESIA

    Sebenarnya apa agama Anda?

    Hindu? Buddha? Katolik? Islam? Kristen? Agama2 lainnya?

    *Pertanyaan nggak guna karena sebenernya nggak penting juga kita tau agama orang lain... Tapi kebanyakan orang2 kurang kerjaan dan pengen tau agama orang lain trus dengan pandangan sempitnya mengkotak-kotakkan orang lain menurut agamanya...*

  31. #33 Mondrosen Sunday, September 16th, 2007 at 16:14 From INDONESIA

    Saya setuju. Segitu pentingnyakah agama sampai harus dipertanyakan?

    Salam kenal, :D

  32. #34 Uchiha Miyu Sunday, September 16th, 2007 at 19:24 From QATAR

    gue blg 'terserah apa menurut lo' bukan berarti lo salah ato benar lho ya? -____-;a

    Love is Cinta
    Opinion is Opini
    Bastard is Kurang Ajar

  33. #35 nur Monday, September 17th, 2007 at 4:09 From INDONESIA

    mmm...
    ribut lagi!

  34. #36 rozenesia Monday, September 17th, 2007 at 6:34 From INDONESIA

    @ Magister of Chaos: Nanya balik juga sama aja. :?

    @ baliazura: Iya juga ya... :? Kalau di RRT (selain di Fujian dan Guangzhou), kayaknya ga ada rasa keingintahuan yang berlebihan. Tapi yah, positive thinking aja dulu. :P

    @ Black_Claw: :rolleyes:

    @ fertob: Perlu bang. :lol: Perlu tanya agama, siapa tau tewas, terus bisa manggil pemuka agama yang tepat buat ritual. :lol:

    @ alex: *ngakak siang2*

    @ antobilang: Wah, sekali-kali ajak saya melihatnya ya? :?

    @ Dream Maker: Djaman sekarang, agama itoe penting! Pokoknja jang ini jang benar! Jang lain? Ke selokan Mataram adja... :lol:

    @ Bebek Jamuran...: Nanya balik. Agama om bebek jamuran? :lol: *siap-siap mengkotak-kotakkan*

    @ Mondrosen: Salam kenal. Hayoo... Agama Mondrosen apa? :mrgreen:

    @ Uchiha Miyu: Nee? Kan udah dibilang terima kasih juga. :? Ga paham makna terima kasih itu? :?

    @ nur: Niatnya ga ribut kok. :?

  35. #37 dobelden Monday, September 17th, 2007 at 7:51 From INDONESIA

    "itu orang kok gak puasa.... ah pasti bukan islam.... "

    sering banget denger kata2 itu :-s

  36. #38 rozenesia Monday, September 17th, 2007 at 8:02 From INDONESIA

    @ dobelden: Iya, bung. Sifat pukul rata gitu, lho.. Yang sudah merakyat.

    "Hei kamu, kenapa ngeblog! Blog itu buatan orang kafir! Harom tauk!!" :lol:

  37. #39 'K, Monday, September 17th, 2007 at 8:21 From NORWAY

    agama,,ras,,
    hmm,,,
    dah biasa dipertanyakan padaku
    *salaman ma ck n rozenesia*

  38. #40 Kopral Geddoe Monday, September 17th, 2007 at 8:28 From MALAYSIA

    Saya sendiri lebih suka kalau agama itu benar-benar ada di dalam private sphere. Nggak masuk katepe, nggak ke mana-mana. :?

    Btw, itu mbak-mbak yang gendong-gendong bebek di atas fungsinya apa? :roll: walau memang pesannya entah kenapa jadi lebih kuat.

  39. #41 rozenesia Monday, September 17th, 2007 at 12:51 From INDONESIA

    @ 'K,: Yak, agar lebih akrab, anda traktir ya? ;)

    @ Kopral Geddoe: Samaaa! Ini dia yang saya mau sebenarnya. Fungsi gambar itu? Penegasan saja sih, kalau agama apa yang dianut, ga perlu banyak dipertanyakan segala. :D

  40. #42 danalingga Monday, September 17th, 2007 at 13:02 From INDONESIA

    Agamamu adalah tidak beragama. *satu lagi fatwa ngawur*

  41. #43 rozenesia Monday, September 17th, 2007 at 13:04 From INDONESIA

    @ danalingga: Wah, baru tau saya kalau ada agama yang namanya "tidak beragama". Udah legal di indonesia belum? :?

  42. #44 danalingga Monday, September 17th, 2007 at 13:17 From INDONESIA

    Wah , anda di Indonesia ya? Syusyah kalo begitu, wong agama bola aja yang jelas jelas umatnya banyak ndak lolos lolos juga nih. ;)

  43. #45 rozenesia Monday, September 17th, 2007 at 13:24 From INDONESIA

    @ danalingga: Tauk nih... Nih negara selektif amat milih agama. Kasian ya agama bola. :(
    Pake disalahkan pula tuh agama. :(

  44. #46 deking Monday, September 17th, 2007 at 14:40 From NETHERLANDS

    Takjubnya, agama bisa ditebak dari fisik!

    Wah parah banget atau hebat banget ya jika ada orang yang bisa mengetahui agama dari fisik :mrgreen:

  45. #47 rozenesia Monday, September 17th, 2007 at 14:46 From INDONESIA

    @ deking: Sangat hebat, malah. ;)

  46. #48 extremusmilitis Monday, September 17th, 2007 at 16:45 From INDONESIA

    siggghhh...klise dan klise...
    apa ini gak bisa dihindari ya? kayanya kita semua disini pasti dan yakin udah mendapatkan pertanyaan yang sama :roll:

  47. #49 rozenesia Tuesday, September 18th, 2007 at 3:46 From INDONESIA

    @ extremusmilitis: pertanyaan yang saya sendiri sebenarnya malas membahasnya. Tapi lumayan berhasil, sampai sekarang ini di fakultas saya, belum ada yang tahu. :lol:

  48. #50 CY Tuesday, September 18th, 2007 at 8:58 From INDONESIA

    Kok waktu kuliah saya ga pernah ditanya ya?? tampangnya preman kali ya hihihi...

    agama ditebak dari fisik?? Itukan yg namanya Generalisasi kan...

    @Geddoe
    Gambar mbak2 itu kan maksudnya yg bertanya adalah bebek dan yg ditanya adalah makhluk cakep... tul kan rozenesia?? (duh.. nih nama rozenesia susah banget ngetiknya pake sistem 10 jari, lain kali pilih yg gampang ya, Udin misalnya ato butet) :mrgreen:

  49. #51 almascatie Tuesday, September 18th, 2007 at 12:13 From INDONESIA

    aha... membaca tulisan pertama....
    cara menulis... cara bertanya.... uhmmm hanya satu yang terlintas dikepalaku..

    uhmm sepakat sih.. kadang menjengkelkan kalo pertanyaan2 tersebut malah mengganggu privasi....
    *busyet makin lama persahabatan lebih didasarkan pada stempel yg melekat dari pada ketulusan*
    :(

  50. #52 rozenesia Tuesday, September 18th, 2007 at 14:05 From INDONESIA

    @ CY: (susah? asyekkk) Generalisasi pukul rata sial... :|

    @ almascatie: That's I mean. ;)

  51. #53 dipaksa baca Tuesday, September 18th, 2007 at 14:09 From INDONESIA

    lhah komenku kemaren belon dibales lagi...???dasar nih orang....

  52. #54 rozenesia Tuesday, September 18th, 2007 at 14:11 From INDONESIA

    @ dipaksa baca: Sabar amat kenapa sih... (bilang aja ngeles)
    Komen pendek akibat sibuk >> Menebak agama dari fisik, hebat jika benar-benar yakin. :lol:

  53. #55 katasa07 Tuesday, September 18th, 2007 at 14:36 From INDONESIA

    hihihi ..ternyata ada teman senasib, aku malah lebih parah yang nanya dosen pas lagi absen...wuiiiiiiiiiiiiih...bukan hanya tampang, NAMAku yang sedikit "aneh" kata mereka di hubung2kan(nebak2) dengan apa ?agama yang ku anut!!!
    aduh emak n bapak ' aku tetep cinta dengan nama yang kalian berikan'

  54. #56 rozenesia Tuesday, September 18th, 2007 at 14:44 From INDONESIA

    @ katasa07: Dosen aneh. :?
    Menebak agama dari nama... :lol:
    Mungkin sih, cuma buat apa coba? :?

  55. #57 dipaksa baca Tuesday, September 18th, 2007 at 15:08 From INDONESIA

    *honestly,aku g tau kau ngomong apa....jangan jadi shiba ahh...

    g paham nih...orang awam gini....

  56. #58 rozenesia Tuesday, September 18th, 2007 at 15:12 From INDONESIA

    @ dipaksa baca: Ini blog-o-spehere, bung. :lol: Biasakan diri dengan komen tersirat. ;)

  57. #59 dipaksa baca Tuesday, September 18th, 2007 at 15:47 From INDONESIA

    *jep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep-ajep*
    yang namanya g paham itu y ga paham bang...dijelasin dulu dunks...khusus untuk orang awam ini

  58. #60 rozenesia Tuesday, September 18th, 2007 at 16:30 From INDONESIA

    @ dipaksa baca: Makanya, join... :lol:

  59. #61 CY Wednesday, September 19th, 2007 at 3:42 From INDONESIA

    Agamamu apa ya bung?? :mrgreen:

  60. #62 CY Wednesday, September 19th, 2007 at 4:00 From INDONESIA

    oops salah... agamamu apa ya non..?? :mrgreen:

  61. #63 caplang™ Wednesday, September 19th, 2007 at 4:06 From INDONESIA

    liat aja di katepe :D
    kan harus dicantumkan
    suka ato tidak suka

  62. #64 Mondrosen Wednesday, September 19th, 2007 at 6:47 From INDONESIA

    @rozenesia:

    Aih, agama saya? Yang berdasarkan KTP? Yang sesungguhnya?

    Berdasarkan KTP sih Kristen, yang sesungguhnya? Entahlah....

  63. #65 Kopral Geddoe Wednesday, September 19th, 2007 at 7:09 From MALAYSIA

    Btw, kolom agnostik di katepe belum disahkan juga, ya? :?

  64. #66 rozenesia Wednesday, September 19th, 2007 at 9:56 From INDONESIA

    @ CY: Bung atau Non ga masalah. :P
    Agama? Kalau mau nulis, agnostik aja. Cuma di Endonesa... susah...

    @ caplang™: Agama di KTP sama di hati mah banyak yang beda. :D

    @ Mondrosen: Waduh o.O
    Aku ga nanya kok~ Kan cuma parodi. :D

    @ Kopral Geddoe: Susah, brader. :?

  65. #67 dipaksa baca Wednesday, September 19th, 2007 at 13:12 From INDONESIA

    @geddoe...*diplomat mode on*haha...agnostik kan bukan agama tapi aliran kepercayaan...ntar kalo ditulis aliran kepercayaan : agnostik banyak yang protes karena KTP-nya kegedean lagi

    @mawar (bukan nama sebenarnya)...ajari aku dumz mbak..g paham dunia per-blogg-ingan nih

  66. #68 aRuL Wednesday, September 19th, 2007 at 15:08 From INDONESIA

    agama itu ditanyain supaya mereka tau anda beragama apa, sehingga bisa menghormati anda... misalnya anda muslim, jadi tau aktivitas2 apa saja yang dilakukan, misalnya kristen, hari minggu pasti ada gerejaan, dan sebagainya.
    Bukan mau dikotomi tapi memang seperti itu.
    Kalo misalnya di luar negeri kita di tanya agama kita, supaya mereka tau kebiasaan2 apa saja yang tidak kita lakukan.

  67. #69 dwihandyn Wednesday, September 19th, 2007 at 16:53 From TAIWAN

    Ya... turuti kata hati aza.... :)
    Apapun agama yg kita anut, yg penting kita happy menjalaninya.
    hehehe.... *itu klo menurut aku* :D

  68. #70 mr lekig Thursday, September 20th, 2007 at 5:49 From INDONESIA

    agama lagi.. agama lagi... cuapeee deh...

    Beda itu indah kan...?

  69. #71 Kopral Geddoe Thursday, September 20th, 2007 at 6:05 From MALAYSIA

    @ aRuL
    Prakteknya tidaklah seagung dan seindah itu, mas.

    Misalnya mas agamanya Apel. Saya agamanya Pisang. Setelah saya ngasih tahu kalau saya agamanya beda dengan mas, yang selanjutnya terjadi adalah pengotakan. Tentunya mas ada tendensi (walaupun kecil) bahwa, kalau saya beragama Apel, mas akan mengajak saya beribadah ini lah, berdiskusi ini lah, dan merasa bahwa saya lebih dekat. Nah, setelah mas tahu saya ternyata umat Pisang, mungkin mas akan mengurangi keramahtamahan itu, misalnya, memilih untuk tidak berbicara masalah Tuhan dengan saya. Apakah mas bisa menjamin mas akan menyajikan keramahtamahan yang setara? Sebab bagaimanapun dari kacamata umat Apel, umat Pisang adalah pendosa yang bisa membahayakan akidah dan akan disiksa selamanya oleh sang Maha Pengasih di neraka. :P

  70. #72 A-isy Thursday, September 20th, 2007 at 8:37 From INDONESIA

    hidup harus punya prinsip

  71. #73 rozenesia Thursday, September 20th, 2007 at 9:18 From INDONESIA

    @ aRuL: Teori di mulut dan kenyataan di lapangan saya rasa berbeda. :?
    Ah, mau jelaskan, tapi keduluan sang Kopral. :|

    @ wihandyn: Bener! :mrgreen: Apapun agamanya, kita sama-sama umat manusia. :lol:

    @ mr lekig: Sangat indah, tuan. ;)

    @ Kopral Geddoe: oalah, aku telat...

    @ A-isy: Tentu saja, saya setuju. Prinsip saya adalah semua agama itu benar. ;)

  72. #74 danalingga Thursday, September 20th, 2007 at 9:26 From INDONESIA

    Tentu saja, saya setuju. Prinsip saya adalah semua agama itu benar.

    Wah kok bisa sama yak? jangan jangan.....

  73. #75 rozenesia Thursday, September 20th, 2007 at 9:43 From INDONESIA

    @ danalingga: Sama? Salaman dong~
    Jangan-jangan apa? :?

  74. #78 dipaksa baca Thursday, September 20th, 2007 at 16:20 From INDONESIA

    lhah mbak...komen ke 67 komenku kok ga si feedback...???

  75. #79 dipaksa baca Thursday, September 20th, 2007 at 16:21 From INDONESIA

    lhah mbak...komen ke 67 komenku kok ga si feedback...???

  76. #80 dwihandyn Thursday, September 20th, 2007 at 16:53 From TAIWAN

    Namaku kok ga ada "d" nya seh??! :mrgreen:
    *protes* :D

  77. #81 dipaksa baca Thursday, September 20th, 2007 at 16:59 From INDONESIA

    wah mbaknya nyang punya blogg rada error nee...
    *kabur, takut dilempar gara-gara ngejunk*

  78. #82 aRuL Thursday, September 20th, 2007 at 19:51 From INDONESIA

    @ Kopral Geddoe & Rozenesia :: yah kalo bagi saya tetap pandangan saya begitu koq... teman saya banyak juga tidak seagama dengan saya, dan saya bisa saling memahami jika kita tau agama masing2..
    begitu ketika anda di negara2 notabene tidak satu agama dengan anda, semisal seorang muslim berada di antara non muslim, wajar dong ditanya agamanya apa? supaya mereka tidak mengajak atau memberikan makanan yang haram buat mereka. danbegitu pula sebaliknya.

    Intinya gini boz... bahwa menanyakan agama itu tidak berarti hanya sekali lagi hanya mau mengotak2an, tetapi juga ada yang ingin menghormati.

  79. #83 dipaksa baca Friday, September 21st, 2007 at 5:23 From INDONESIA

    @aRul : kagak setuju bozz....soalnya ini kasusnya di Jawa, yang notabene agamanya Islam, ini mah salah mukanya mbak Rose aja nyang tidak mencerminkan agamanya, makanya ditanya oleh orang agamanya apa...

    aku rasa dia ditanya bukan untuk menghormati, tapi emang pada dasarnya yang nanya itu berharap kalo agamanya si mbak Rose ini sama kek agamanya dia....nah kalo gini apa buikannya pengkotak-kotakan...???

    last, aku rasa memang dari luar kelihatannya bertanya untuk bisa menghormati lebih jauh, tapi sapa yang tau sih kalo ternyata dalam hati mereka yang bertanya itu memaki-maki...???

  80. #84 Menemukan Allah « Se A Vida E Friday, September 21st, 2007 at 5:40 From UNITED STATES

    [...] yang lain, saya perasaan ingin tahu yang berlebihan. Jika rozenesia merasa capek dan lelah karena sering ditanya tentang status agamanya, banyak orang lain yang mengalaminya. Saya juga pernah dicap kafir meski yang bersangkutan tidak [...]

  81. #85 rozenesia Friday, September 21st, 2007 at 9:58 From INDONESIA

    @ dipaksa baca [1]: Ahemn... Mana? :P

    @ dwihandyn: Anoo... Maaf, salah ketik. m(_ _)m

    @ dipaksa baca [2]: Cih...

    @ aRuL: Di 'western culture', jika ada yang bertanya "What's your religion?" saya hanya akan berkata "It isn't your business...".
    Dan kata "dipaksa baca", jika kita nanya agama dengan seseorang, memang kecenderungannya pasti berharap agamanya sama agar bisa lebih dekat, jika beda, jangan harap perlakuannya sama seperti yang beragama sama.

    @ dipaksa baca [3]: Cih, muka saya memangnya bisa mencerminkan agama saya ya? :?

  82. #86 Zazi Friday, September 21st, 2007 at 12:26 From INDONESIA

    * di paksa komen lagi *

    jadi inget dulu waktu aku balik ke indonesia lagi.. aku di tanyain molo sama temen-temen

    ' agama mu apa ? ' :lol:
    wakkakakak

  83. #87 rozenesia Friday, September 21st, 2007 at 12:27 From INDONESIA

    @ Zazi: Guna ga seh? :lol:

  84. #88 vincentiusferrer Friday, September 21st, 2007 at 12:37 From INDONESIA

    Mmmmm...
    Perlu dikomuniskan, eh?
    Ah.. sudahlah.. ^^

    Senpai.. pelik sekali ternyata masalah ini ya?
    Saya sendiri suka menanyakannya soalnya.. hahahaha.. ^^
    Tujuannya cuma satu sih.. memberi lecture dogma.. ^^
    Kalau agama beda.. uhmm.. selama orangnya enak diajak omong plus nyambung.. it doesn't matter.. wong Gusti Allah sing disembah kuwi yo nggak kiro bedo2.. ^^

    ---
    ~intermezzo~
    @Mond: Mond Kristen? Saya kira Budha.. -_-
    ---

    Haih.. mungkin kalau tanya-nya gitu malah semakin mengerucut (eh?)..
    Yang dipentingkan mungkin bukan "Sesuatu yang Agung" itu sendiri.. tapi kebiasaan, "ritual", dan praktek hidup menurut AJARAN agama..
    Huh.. saya benci otoritas lembaga yang dinamakan agama itu..

    Saya menyembah Tuhan dan melayani Tuhan..
    Saya bukan menyembah agama dan melayani agama.. ^^

  85. #89 rozenesia Friday, September 21st, 2007 at 12:49 From INDONESIA

    @ vincentiusferrer: He? Komunis? :?
    Nah, mau diskusi sama saya masalah Teologi? :P

    Saya menyembah Tuhan dan melayani Tuhan..
    Saya bukan menyembah agama dan melayani agama.. ^^

    NICEEEEEEEEEEE!!!!!!!!

  86. #90 SNeedroNNiNgeN Saturday, September 22nd, 2007 at 3:06 From SINGAPORE

    Daripada ditanya: Kamu Wild Muslim ya?
    ROFL
    Kalo saya mah, simply tiap kali mereka tanya apa agama saya, saya anggap aja mereka cuma nanya food preferance saya :p

  87. #91 caplang™ Saturday, September 22nd, 2007 at 4:39 From INDONESIA

    masih belom dapet jawabannya?
    kalo ada yg tanya, jawab aja apa yg ada di katepe
    masalah prakteknya kan ga mesti lapor pak lurah juga :P

  88. #92 SNeedroNNiNgeN Saturday, September 22nd, 2007 at 4:42 From SINGAPORE

    Yahhh....
    Basically, on papers, Ima muslim...
    But apart from that, Ima wild :twisted:

  89. #93 rozenesia Saturday, September 22nd, 2007 at 11:22 From INDONESIA

    @ SNeedroNNiNgeN [1]: Bagi saya, males rasanya membahas itu terus, karena nantinya cenderung kepada sikap dan perlakuan. :P

    @ caplang™: Saya ngejawabnya mudah kok, ada di antara 6 agama yang sudah diakui di Indonesia. :lol:

    @ SNeedroNNiNgeN [2]: You got that, milady. :lol:

  90. #94 dipaksa baca (kagak log in) Saturday, September 22nd, 2007 at 11:34 From INDONESIA

    te~~he....

    agama yang diakuin Indonesia itu ada 6 yak...???

    kalo merujuk pada sila pertama pancasila mah kagak bisa itu...

    trus yang salah, agamanya atau pancasila...???

    secara Indonesia negara hukum bukan negara agama.....bakar semua agama....

    *kabur*

  91. #95 rozenesia Saturday, September 22nd, 2007 at 11:38 From INDONESIA

    @ dipaksa baca (kagak log in): Hush, makar loe! :lol:
    Esa aja dipermasalahkan... :lol:

  92. #96 dipaksa baca (kagak log in) Saturday, September 22nd, 2007 at 11:40 From INDONESIA

    lah...gw kagak bilang trinitas dan politheis itu g boleh kok.....darimana anda tau kalo yang saya permasalahkan itu Esa...???gw pan cuman ngomong kalo g bisa merujuk pada sila pertama pancasila

  93. #97 rozenesia Saturday, September 22nd, 2007 at 11:46 From INDONESIA

    @ dipaksa baca (kagak log in): Ahemn... Trinitas, konsepnya harus kau mengerti dulu. *males jelasin di sini, panjaaaaaang*
    Plotheisme? :?

  94. #98 dipaksa baca (kagak log in) Saturday, September 22nd, 2007 at 12:05 From INDONESIA

    ha ha ha....

    tetep aja bang trinitas itu kan berarti, 3 adalah satu dan satu adalah tiga....g konsisten gini begimanne sih...???satu ya satu, tiga ya tiga....

  95. #99 rozenesia Saturday, September 22nd, 2007 at 12:09 From INDONESIA

    @ dipaksa baca (kagak log in): You're not a Christian, dude, so you don't really know. ;)
    Ah, jangan bahas itu. OOT jauh tauk.

  96. #100 holy2 Saturday, September 22nd, 2007 at 13:16 From INDONESIA

    gitu aja kok repott...

    agama kok ditanya2? kalo ga ditanya ya gimana mau bergaul?
    pokok nya ya kalo agama lain?? sori deee... wakakakaaaa....

    *siul2*

  97. #101 rozenesia Saturday, September 22nd, 2007 at 13:18 From INDONESIA

    @ holy2: Hahahaaaa... Perbedaan perlakuan jika beda agama ya? :lol:

  98. #102 Nathania Saturday, September 22nd, 2007 at 14:35 From INDONESIA

    ck..ck..ck......

    harusnya si ga usah..

    oiah, buat yg dipaksa baca itu,,

    jangan sok tau dee... trinity itu sebenernya SATU bukan TIGA.. TIGA pribadi, SATU KESATUAN.. sama kayak Indonesia, BANYAK golongan, tapi SATU bangsa.. dah ah,, emang ni.. OOT..

  99. #103 Nathania Saturday, September 22nd, 2007 at 14:37 From INDONESIA

    satu lagi.. maap emosi.. :D

  100. #104 dipaksa baca (kagak log in) Saturday, September 22nd, 2007 at 14:38 From INDONESIA

    ya iyalah...ngapain baik ke orang yang agamanya beda...???

    orang yang agamanya beda mah perlakuan beda lagi...

    makanya "kami-kami" ini tanya agamanya dulu

  101. #105 rozenesia Saturday, September 22nd, 2007 at 20:53 From INDONESIA

    @ Nathania: You should not listen to him/her... :lol:
    Since he thinks he's a Deist. :lol:

    @ dipaksa baca (kagak log in): Nice satire.. :lol:

  102. #106 calonorangtenarsedunia Sunday, September 23rd, 2007 at 4:23 From INDONESIA

    kalo ada yg nanya "agama kamu apa sih?"

    Jawab aja "penting ya buat kamu?"

    Nanti kalo saya jadi lurah preside, kolom agama di KTP harus sama semua isinya. Yaitu "damai"

    Jadi ga penting apa agamanya, yang penting selalu bs tebar kedamaian.

  103. #107 Sheiren_Chan Tuesday, September 25th, 2007 at 2:26 From INDONESIA

    agama?
    tidak begitu penting untuk di tanyakan!!!

  104. #108 rozenesia Tuesday, September 25th, 2007 at 8:28 From INDONESIA

    @ calonorangtenarsedunia: Bukannya dikosongkan aja? :lol:

    @ Sheiren_Chan: Yakin? ;)

  105. #109 Mihael "D.B." Ellinsworth Tuesday, September 25th, 2007 at 10:06 From INDONESIA

    Saya sih tidak pernahsesering itu, bertanya yang berkaitan dengan SARA.... :-?

  106. #110 rozenesia Tuesday, September 25th, 2007 at 10:09 From INDONESIA

    @ Mihael "D.B." Ellinsworth: Oh ya? :?

  107. #111 kakeko Tuesday, September 25th, 2007 at 22:35 From INDONESIA

    apapun agamanya minumnya yah ******** :)

  108. #112 Sheiren_Chan Wednesday, September 26th, 2007 at 3:56 From INDONESIA

    yakin dong.....*tidak penting untuk ditanyakan*
    but...menarik untuk dibahas. :-)

  109. #113 rozenesia Wednesday, September 26th, 2007 at 8:22 From INDONESIA

    @ kakeko: Promosi! :lol:

    @ Sheiren_Chan: Yang dibahas apanya? Salah satu agama atau pandangan multireligi? :P

  110. #114 Sheiren_chan Thursday, September 27th, 2007 at 4:26 From INDONESIA

    dua-duanya....tapi lebih suka perdebatan tentang kebenaran agama dan pandangan multireligi...and you?

  111. #115 dipakasa baca (kagak log in) Thursday, September 27th, 2007 at 17:12 From INDONESIA

    ahhh~~~

    aku mau curhat....akhirnya aku merasakan apa yang kau rasakan TT___TT

    temen : heh agamu tuh apa sih?
    aku : ehehehehe
    temen : puasa kagak lo hari ni...???
    aku : puasa...???mungkin ya secara warung pada tutup aku juga ndak bisa maem.
    sahabat : udah batal berapa kali.??
    aku : sabar, definisi batal menurutmu kea' gimana?kau bilang batal belum tentu Tuhanku bilang batal
    temen : wah ketauan nih g pernah puasa
    aku : he?maksudnya?
    temen : kamu bukan Islam to? pantes g pernah puasa. diajak sholat juga g mau
    sahabat : tapi dia diskusi agama waktu AAI [baca : aksistensi agama islam] tadi bagus kok.
    temen : halah paling cuman cari nilai, dia kan gila popularitas.
    aku : mending agama gak jelas daripada kau keimanan gak jelas *pergi OL pake kompie kampus*

    sebbel degh gw...emangnya kenapa kalo gw belajar agama buat tambahan nilai...???kenapa harus ditanyain...???
    trus seenaknya pukul rata gitu, kalo keliatannya g menjalankan ibadah yang sama berarti bukan seagama...???trus kalo emang g seagama mau apa...???perang...???dasar kaukasian barbar keparat...!!!

  112. #116 auriNgoNpaiSte Thursday, September 27th, 2007 at 18:04 From SINGAPORE

    @dipaksa baca
    Whoops, hati-hati kalo ngomong...
    Saya suka kaukasian
    :twisted:
    *ditimpuk pake bule*

  113. #117 celotehsaya Thursday, September 27th, 2007 at 18:26 From INDONESIA

    ahh saya juga doyan bodynya bukan sikapnya ahh mukanya juga okkey, matanya, hidungnya, kyaaaa kyaaaa bukannya mereka itu lebih bebas ya...???kenapa ngurusin agamanya orang sih...???

    dasar bule siyal....fanatis keparat...

  114. #118 auriNgoNpaiSte Thursday, September 27th, 2007 at 18:44 From SINGAPORE

    @celotehsaya
    Yahh... mostly mereka penasaran soal agama lantaran mereka ga terlalu peduli soal itu.
    Apapun agamanya, bule tetep nomor satu :mrgreen:
    *nyari bule lagi*

  115. #119 auriNgoNpaiSte Thursday, September 27th, 2007 at 18:46 From SINGAPORE

    *ups, salah
    Maksudnya mereka ga tau banyak soal itu. Berdasarkan pengalaman saya sih :D
    Pokoknya, tiap kali mereka tahu agama saya, pasti yang mereka tanya: What do you think about terrorism?
    Walahwalah O.o
    Yah, selama saya masih bisa tetep bergaul tanpa permasalahan agama, everything is okay.
    Menurut saya, masalah agama itu balik ke privasi masing2, gak usah dipamer-pamer toh?

  116. #120 celotehsaya Thursday, September 27th, 2007 at 19:02 From INDONESIA

    nah itoe dia jang ik bingoeng..apa mereka oedah sebegonnoh paranoidnja...??? soempah tjhrist itoe tjakep sangadh

    padahal mereka [batja : kaukasian] itoe kan jang terkenal paling bebas dalam hak individoe...tapi kok jaaa~~~ kae'gitoe pertanjannja...

    apalagi si penanja ini soedah lama di Indonesia, dan joega soedah memeloek agama majoritas Indonesia...kok bisa-bisanja masih paranoid dengan agama terseboet...???

    kenapa dipertanjakan...???

  117. #121 auriNgoNpaiSte Thursday, September 27th, 2007 at 20:35 From SINGAPORE

    Ya itu tadi teh. Mereka grow up di tempat yang kaum agamisnya minoritas.
    Makanya mereka polaroid paranoid toh?
    Mungkin sih...
    Menurut pemikiran saya ajah :p

  118. #122 rozenesia Friday, September 28th, 2007 at 3:32 From INDONESIA

    @ Sheiren_chan: Saya cuma suka universalitas, perbandingan saya ga suka. :P

    @ celotehsaya & auriNgoNpaiSte: *hanya ngakak* :lol:

  119. #123 Radka Friday, September 28th, 2007 at 3:38 From INDONESIA

    Hmmmm.....
    Keren.....

    Cool jg tuh gayanya....
    ^^

  120. #124 rozenesia Friday, September 28th, 2007 at 4:04 From INDONESIA

    @ Radka: Gaya siapa, tuan? :?

  121. #125 Chorshiva Langley Friday, September 28th, 2007 at 9:05 From INDONESIA

    for ya, mibro XD : jangan terlalu larut dalam sajak.. karena kadang sajak itu menyesatkan pikiran orang yang bodoh...

    dan karena saya bukan orang yang bodoh saya hanya akan mengatakan bahwa agama adalah sebuah jadwal untuk mendekatkan diri kita terhadap sebuah kepercayaan yang diluarnya dibungkus dengan nama "agama"

    nyem.. karena saya memakai nama "agama" diluar bukan berarti saya akan menuruti semua erintahnya...

    1 kalimat penutup deh..
    tidak ada agama yang apsti di dunia ini.. yang ada adalah kepercayaan terhadap sesuatu yang pasti dan menjanjikan..

    mana ada agama yang nggak menjanjikan.. ya kan~

  122. #126 rozenesia Friday, September 28th, 2007 at 9:08 From INDONESIA

    @ Chorshiva Langley: Okay milady~ feedback spesial nih~

    for ya, mibro XD : jangan terlalu larut dalam sajak.. karena kadang sajak itu menyesatkan pikiran orang yang bodoh…

    Menyinggungku ya? -_-
    *siap ditertawakan cK dan Rizma*

    dan karena saya bukan orang yang bodoh saya hanya akan mengatakan bahwa agama adalah sebuah jadwal untuk mendekatkan diri kita terhadap sebuah kepercayaan yang diluarnya dibungkus dengan nama “agama”

    nyem.. karena saya memakai nama “agama” diluar bukan berarti saya akan menuruti semua erintahnya…

    1 kalimat penutup deh..
    tidak ada agama yang apsti di dunia ini.. yang ada adalah kepercayaan terhadap sesuatu yang pasti dan menjanjikan..

    mana ada agama yang nggak menjanjikan.. ya kan~

    Nggak ada kebenaran absolut selain Tuhan, eh? Dan semua agama itu benar, meski ga absolut kan? ^^

  123. #127 Chorshiva Langley Friday, September 28th, 2007 at 9:16 From INDONESIA

    Tuhan pun tak absolut... tuhan terlalu banyak dimuka bumi ini....

    Sepertinya yang dijul oleh agama bukanlah kepercayaan secara keseluruhan,,, tapi cara... IMO..

    Tuhan yang absolut hanyalah Tuhan yang benar2 pemurah.... dan benar2 sesuai dengan pandanganmu..

    tapi kadang pandangan bisa menyesatkan..

    begitulah,,, tiada yang sempurna di dunia ini.. tiada yang absolut...

  124. #128 Sheiren_Chan Saturday, September 29th, 2007 at 4:11 From INDONESIA

    oh...ada perbedaan dong kita. sekarang ini saja saya sedang gemar- gemarnya membaca buku tentang berbagai kebenaran dari berbagai kalangan agama yang ada di Indonesia.

  125. #129 Kopral Geddoe Saturday, September 29th, 2007 at 4:36 From MALAYSIA

    Kembali ke goa, kalau deis agnostik itu di katepenya mesti ditulis apa, ya?

  126. #130 CcM Saturday, September 29th, 2007 at 8:54 From INDONESIA

    jika saja, ada orang yang bertanya seperti itu (apa agama kamu), saya pribadi tidak merasa tersinggung, kecuali saya sudah berjilbab dan masih ditanya juga.

    menurut saya, tak masalah jika orang mempertanyakan hal itu. memang di negara lain pertanyaan seperti itu dianggap tak sopan karena sangat privasi. Namun, orang mempertanyakan itu, mungkin disebabkan karena sikap kita.

    Sikap dan tingkah laku seseorang itu, bahkan juga apa yang diucapkan (dan dituliskannya) akan sangat dipengaruhi oleh pemikirannya. Menurut saya, setiap manusia sejatinya mempunyai visi dan tujuan yang jelas dalam hidupnya. Tidak ambigu (meskipun untuk itu kita harus terus belajar). Dia sudah berpikir jauh ke depan.

    Dan dari situlah dia akan memperjuangkan nilai -nilai yang diyakininya itu. Hidup untuk berjuang menjadi lebih baik, sebab dengannya hidup akan lebih bermakna. Dan kalau kita sudah yakin dengan apa yang kita perjuangkan, kenapa tak dijawab dengan tegas bahwa saya adalah berwarna merah atau putih.

    Anis Matta mengatakan, ”Dalam kenyataannya, setiap yang muncul dari rekayasa pemikiran manusia, tak pernah mencukupi untuk disebut sebagai benar (dengan kata lain, nisbi). Manusia tak pernah bisa menciptakan kebenaran” (Arsitek Peradaban –”Nisbi”, hal 96, Anis Matta, 2007)

  127. #131 dewo Sunday, October 7th, 2007 at 15:35 From INDONESIA

    Kalau aku sih selalu terus terang menjawab ketika ditanya agamaku.

  128. #132 Jangan sepotong-sepotong juga dong, Pak! « r o z e n e s i a Tuesday, October 9th, 2007 at 15:20 From UNITED STATES

    [...] Mahasiswa aneh yang masuk ke beberapa kelas agama, baik diam-diam atau terang-terangan. Status agamanya masih belum diketahui oleh sebagian besar teman [...]

  129. #133 bakazero Wednesday, October 10th, 2007 at 10:34 From INDONESIA

    hihi... ga ngerti euy...
    *liat-liat aja deh...*

  130. #134 ,,,ItadaKimasu Onigiri,,, Wednesday, October 10th, 2007 at 12:22 From INDONESIA

    Bawel banget, sih... Agama doang ditanyain 8)
    Aha, mungkin itu para fans-fansmu kali? *ditabokin bolak-balik 6x*
    Eh, eh... Tapi capek juga yah kalau disuruh memberi jawaban yang sama :x

  131. #135 rozenesia Wednesday, October 10th, 2007 at 15:04 From INDONESIA

    @ Chorshiva Langley: Bukan Tuhan yang banyak, tapi nama Tuhan yang bermacam-macam. :lol:
    Tuhan yang pemurah? :lol:

    @ Sheiren_Chan: Bagus, sekadar referensi. :lol:

    @ Kopral Geddoe: IMHO, nggak perlu ada itu di KTP, bahkan kolom agama pun sangat ga diperlukan. :P

    @ CcM: Perjuangan ya? Apa yang saya perjuangkan ya? Ah, sayangnya saya tidak pernah dan tidak mau memperjuangkan agama. ;)

    @ dewo: Beda itu memang indah, pak. :D

    @ bakazero: Ahahahaaa... Cuma wanita yang perlu dimengerti, kok. :P

    @ ,,,ItadaKimasu Onigiri,,,: Intinya, males ngejawab aja. :lol:

  132. #136 One Piece Friday, October 12th, 2007 at 9:40 From INDONESIA

    Siapkan Kertas berisi sajak mu itu brother. Kopy sampe banyak.
    Kalo ditanya lagi kasih selebaran yang udah kamu buat...
    "silahkan baca"
    beres...jangan cuma terkulai curhat di Blog...

    eh, modal fotocopynya pake modal ndiri yah...wkwkwkwk

  133. #137 celo *kagak log in* Friday, October 12th, 2007 at 15:51 From INDONESIA

    *ngakak batja atas*

    ahh ndak perloe itoe...kopi satoe adja...tempel di djidat...

    ehh djangan di djidat ding...ntar stempel kapirnja ketoetoepan...

  134. #138 rozenesia Sunday, October 14th, 2007 at 8:46 From INDONESIA

    @ One Piece: Bawanya repot, mas. Tapi untungnya bisa jadi kertas toilet. :lol:

    @ celo *kagak log in*: Nggak sekalian sablon di kaos sama jaket? :P

  135. #139 One Piece Sunday, October 14th, 2007 at 15:47 From INDONESIA

    moga2 aja curhatan mas gak dianggap bisa digunain buat di toilet juga... :lol:

    tapi biarin aja lagi...tinggal jawab aja koq..
    kau terlalu memikirkannya dengan sangad dalam..
    nanti cepat tua loh... :lol:

  136. #140 min Tuesday, October 16th, 2007 at 3:14 From INDONESIA

    kalo mau jujur ya, mereka yang tanya ama kamu, itu sama "ribet".nya sama kamu. Kamu juga ribet sekali menjawabnya. ya kan . . . . .?
    kalo kamu anggap mereka terlalu memikirkan anutan agama seseorang, kamu juga terlalu memikirkan anutan agama seseorang, makanya kamu ogah njawabnya. Jujur aja ya?
    plus..mau usul, kalo ada orang nanya ke kamu, jawab aja trus lupain pertanyaan itu, jangan terus di pikirin terus curhat ke blog. malah kamu yang lebih ribet dari mereka..... sekali lagi, jujur ya?

  137. #141 rozenesia Tuesday, October 16th, 2007 at 17:44 From INDONESIA

    @ One Piece: Lha? Saya jawab kok. Kalau mereka menebak, saya jawab "mungkin". :lol:

    @ min: Masalahnya saya tipe pemikir yang kalau sudah tertarik pada satu hal, kudu digali terus. :lol:
    Tapi saya nggak pernah mikir apa agama orang, toh saya juga masih ngambang. :P

  138. #142 dewilanjar Wednesday, October 17th, 2007 at 8:14 From INDONESIA

    kalo ditanya jawab dong, shinto, konghucu, belum beragama, pokoke dijawab, nah.... yang susah di KTP agama apa ya ? ga ada yg cocok ? abis...agama mirip kaya partai sih, yah tau lah partai politik kaya apa sih, padahal agama lahir dari suatu keheningan, ketertindasan, keteraniayaan untuk mencari keadilan, kebenaran dlllll, namun setelah agama itu besar sering kali menganiaya, menindas, membunuh itu menjadi halal karena dengan meminjam atas nama tuhan, padahal aku tau tuhan dari katanya, katanya bapak, ibu, mbak, teteh, mas, a'a', ustadz, guru, kyai, biksu, pendeta, pastur, romo, suhu, dukun dan temen-temen, ya katanya, katanya, katanya, jadi kalo mau jujur kita nih semua percaya mati dari katanya...he he... maaf aku ingin sekali merasakan adanya tuhan, bukan sekedar katanya... yang kucari, kuinginkan bukan agama, tetapi yang memberiku kedupan.

  139. #143 rozenesia Wednesday, October 17th, 2007 at 23:05 From INDONESIA

    @ dewilanjar: Amin. (bahasa Ibrani: Pasti) :D
    Yah saya nggak menjawab, saya cuma bilang 'mungkin' kalau yang lain undah spekulasi. :P

  140. #144 ulu Thursday, October 18th, 2007 at 17:53 From INDONESIA

    Ini Indonesia bung. Mardeka baru 62 tahun, jadi masih ndeso dan katrok. Urusan orang, mau tau aja. Ngurus diri sendiri aja kagak becuuss. Masih dalam proses menuju memerdekakan cara fikir.

  141. #145 rozenesia Thursday, October 18th, 2007 at 17:58 From INDONESIA

    @ ulu: Saya jadi merasa miris sendiri akan keadaan negeri tercinta ini. :lol:

  142. #147 rozenesia Saturday, October 20th, 2007 at 7:59 From INDONESIA

    @ Sheiren_Chan: A m e n :P

  143. #151 rozenesia Thursday, October 25th, 2007 at 13:51 From INDONESIA

    @ joyo: rite, sir. :mrgreen:

  144. #152 danalingga Thursday, October 25th, 2007 at 13:54 From INDONESIA

    Eh bro, gimana kalau agamamu anonymous aja? :lol:

  145. #153 rozenesia Thursday, October 25th, 2007 at 13:59 From INDONESIA

    @ danalingga: Usul yang bagus, tapi kena sweeping nggak ya? :?

  146. #154 Ferry ZK Friday, October 26th, 2007 at 2:15 From INDONESIA

    Setahu saya buat di tempat kerja saya yang Rumah Sakit, pertanyaan itu perlu khususnya buat si pasien coz 4 treatmen tertentu dibutuhkan, misal jika pasien meninggal dunia or pasien melahirkan (* selain buat catatan sipil, perlakuan terhadap ari - ari juga beda pada agama berbeda *) or buat donor coz bisa jadi pasien sensitif untuk beberapa treatment yang akan dilakukan terkait dengan kepercayaannya.

    So jangan terlalu sensitif ya sama pertanyaan tersebut...

    Salam Damai.

  147. #155 goop Friday, October 26th, 2007 at 8:05 From INDONESIA

    Ohm roze, ternyata banyak yang keberatan dengan pencantuman agama di KTP. Namun di sisi lain ada pula yang setuju. Akhirnya sayapun memilih untuk tidak setuju dengan pencantuman tersebut, karena pernah ada teman blogger (maaf saya belum bisa bikin link) yang ada di blog gulung saya, keberatan ketika mo ambil uang di bank ditanyain agamanya... ituh kan ga ada hubungannya ya sepertinya?? :D

  148. #156 rozenesia Friday, October 26th, 2007 at 9:22 From INDONESIA

    @ Ferry ZK: Dalam konteks itu memang bisa. Namun dalam pergaulan? :?

    @ goop: Bleeeeeeehh... Saya jadi miris sendiri dengar kisahnya, bung. :(

  149. #157 Ferry ZK Saturday, October 27th, 2007 at 2:24 From INDONESIA

    Yup, kalau dipergaulan saya rasa memang tidak perlu, tp lain halnya kalau KTP, coz menyangkut banyak hal, salah satunya negara ini tidak mengakui atheisme sehingga identitas resmi tentu harus ada (* bahkan meski rezim ORBA dolo memelihara aliran kepercayaan tp gak ada di KTP agama kepercayaan *), juga UU perkawinan mensyaratkan satu agama dan acuanya adalah KTP dan saya rasa masih ada alasan lainya untuk pencantuman agama dalam KTP.

    Salam Damai.

  150. #158 rozenesia Saturday, October 27th, 2007 at 9:13 From INDONESIA

    @ Ferry ZK: Saya sendiri bingung, karena atheisme dan nggak beragama itu beda, IMO.
    Saya sendiri masih males mikirin kolom agama di KTP. :lol:

  151. #159 Ferry ZK Monday, October 29th, 2007 at 1:51 From INDONESIA

    memang beda pan dolo yang enggak beragama tp bukan atheis ada wadahnya di mimbar agama kepercayaan yang intinya percaya Tuhan tp agama sih lain soal he.. he..

  152. #160 rozenesia Monday, October 29th, 2007 at 3:00 From INDONESIA

    @ @ Ferry ZK: Mari kita kembalikan kolom agama di KTP ke tangan Tuhan...
    Puji Tuhan. Amin. :D

  153. #161 Ferry ZK Tuesday, October 30th, 2007 at 3:05 From INDONESIA

    klo ketangan Tuhan tar pas perlu mesti tanya Tuhan dulu dunk hi.. hi..

  154. #162 rozenesia Friday, November 2nd, 2007 at 2:26 From INDONESIA

    @ Ferry ZK: Amen, saya ga sanggup menghadapNya sekarang. :P

  155. #163 Kamera, Foto, dan Narsisisme « Deathlock Thursday, November 8th, 2007 at 14:22 From UNITED STATES

    [...] Identitas Diri Alasan ini lebih condong kepada penggunaan dari berfoto narsis, tapi tetap saya masukan disini. [...]

  156. #164 Eksplorasi Tubuh « r o z e n e s i a Monday, November 12th, 2007 at 3:09 From UNITED STATES

    [...] di saat blogsphere dihiasi perdebatan mengenai religi, perang identitas, sampai sibuk mencari bokep, timbul sebuah pertanyaan menarik–yang konon kaanya berbau [...]

  157. #165 vino Friday, November 16th, 2007 at 4:08 From INDONESIA

    pertanyaan2 disaat manusia "mature" hinggap di semua orang, disaatnya. ada potensi akal yang bisa kita gunakan buat menyibak keburaman keyakinan. akal adalah pelita, cahaya.

  158. #167 shinobi Tuesday, December 11th, 2007 at 16:49 From HONG KONG

    kesimpulan yang sangat komplit o_O

    hehehe apakah engkau tahu, engkau melupakan satu.... (rada sinsitip nih soalnya :P) : "sst, apakah anda juga... jewish?" hehehe :P (maka lengkaplah sudah agama (setidaknya yang termasuk agama, bukan aliran kepercayaan .red) yang ditanyakan, iya kan?))

    only a joke, bro ^ ^
    semangat!

  159. #168 rozenesia Friday, December 14th, 2007 at 10:50 From INDONESIA

    @ shinobi: Jewish? Heheheee... Entah. Saya juga tak mencantumbkan Mormon, Baha'i, Shinto, dan lainnya. :D

  160. #169 Partisimon Sunday, December 16th, 2007 at 16:34 From INDONESIA

    Saya pikir ambil hikmahnya aja. Kadang pertanyaan orang tentang agama kita, atau kita menanyai orang agamanya apa kadang penting juga.

    Misalnya begini :

    Kasus 1 :
    Di wilayah publik (misal ospek perguruan tinggi), sebisa mungkin orang mengenal kita. misalnya kejadian kita mengalami kecelakaan (misal meninggal) ...kartu identitas gak ada, tapi ada orang tau agama kita apa, (misal kita beragama kristen protestan seperti saya) orang ramai/massa bisa langsung menghubungi pendeta gereja terdekat, jadi minimal cara penguburan kita gak salah.

    Kasus 2.
    Misalnya di tempat kerja kita (misalnya tempat kerja kita kebanyakan karyawannya kristen/ katholik), misal ada karyawan baru .... tentu kita ingin mengenal dan mengetahui agamanya. Tujuannya bukan untuk apa. tapi karena di dalam aturan agama masing2 ada perbedaan. Kalau kita sudah tau dia beragama muslim misalnya, tidak mungkin kita menawari dia makan daging B2 ... jadi dengan mengetahui kepercayaan seseorang kita bisa menghindari hal-hal yang yang bisa merusak hubungan sosial antar sesama.

    kasus 3.
    Seperti saya saat ini, saya masuk dan berdiam (kost) di kawasan berpenduduk muslim (mungkin 99%) ...secara jalas saya memberitahu pak RT dan tetangga kanan kiri saya bahwa saya seorang kristen (kalau di tanya agama saya apa). juga saya gerejanya dimana. Jadi orang gak heran kalau hari jum'at kok saya gak ikut sholat, karena mereka sudah maklum.

    makanya saya di hari lebaran kita bisa dapat ketupat sayur dengan lauknya dan esoknya saya kembalikan mangkuknya dengan lapis legit surabaya.

    Jadi, menurut saya, kita mengetahui agama orang atau orang mengetahui agama kita itu penting, asalkan tujuannya bukan untuk saling curiga dan diskriminasi.

    -Mari sebarkan kebaikan hari ini -

    salam

    partisimon

  161. #170 You, Me, and Agnosticism « all hail rozenesia™ Sunday, December 16th, 2007 at 19:00 From UNITED STATES

    [...] ask about religion, please. I wonder why my friends from the class of International Relations department don’t [...]

  162. #171 rozenesia Sunday, December 16th, 2007 at 19:04 From INDONESIA

    @ Partisimon: Ah, terima kasih masukannya, pak. Saya sebenarnya sih nggak begitu masalah dengan menyebutkan agama yang ada di KTP saya, tapi saya nggak begitu suka kalau di mana-mana selalu ditanyakan pertanyaan itu, harus ada kondisi dan situasi yang tepat dulu bagi saya pak. Salam juga, Pak.

  163. #172 I Have Lost My Religion « all hail rozenesia™ Friday, December 28th, 2007 at 18:31 From UNITED STATES

    [...] kegundahan hatiku kala manusia bertanya kepadaku, apakah agama yang melekat dalam jiwa dan ragaku? Sebenarnya apa agama yang aku anut? Ah, kebingungan dan kegundahanku kala itu melahirkan sebuah tulisan yang mungkin pantas kutahbiskan [...]

  164. #173 Alun Saturday, January 5th, 2008 at 12:51 From INDONESIA

    Saya benar-benar sependapat. Nggak seharusnya agama digunakan untuk mengelompokkan manusia. Tapi cukup untuk dimengerti saja. Sehingga nantinya toleransi bener-bener tercipta. Bukan kelompok-kelompok.

  165. #174 rozenesia Saturday, January 5th, 2008 at 13:02 From INDONESIA

    @ Alun: Ya, agama itu domain pribadi. :D
    Terima kasih

  166. #175 Penyembah Sumur Wednesday, January 23rd, 2008 at 14:44 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

    gua dari dulu selalu bilang agamanya menyembah sumur :)

  167. #176 Goenawan Lee Wednesday, January 23rd, 2008 at 14:46 From INDONESIA via Opera Opera 9.24 on Windows Windows XP

    @ Penyembah Sumur:< ?b> Kenapa oh kenapa? :P

  168. #177 daeng limpo Tuesday, May 13th, 2008 at 15:39 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.14 on Windows Windows Vista

    A : agamamu apa ?
    B : saya nih belum punya agama pak, lagi dibuat
    A :??????????????????????????

  169. #178 Fortynine Tuesday, July 22nd, 2008 at 5:34 From UNITED STATES via Safari Safari 525.13 on Windows Windows XP

    Eh, entri ini kok jadi hadiah ultah saya ya?

    Solusinya? Bikin aja poster atau baju kaos yang di bagian depannya bertuliskan "AGAMA SAYA ADALAH ANU". maka takkan ada lagi yang mempertanyakan apa agamamu.

    :D

  170. #179 fiona Tuesday, August 5th, 2008 at 20:11 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.1 on Windows Windows XP

    gw juga suka bingung kalo ditanya agamanya apa :P agama ktp sih ada.

  171. #180 fiona Tuesday, August 5th, 2008 at 20:18 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.1 on Windows Windows XP

    wow balesnya cepet banget. haha :d

  172. #181 Adriano Minami Tuesday, September 2nd, 2008 at 11:31 From INDONESIA via Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Orang2 Indonesia mang gak jelas yak

    Masa liat Agama dr Fisik? Agama ya dari hati, jangan seperti suatu organisasi di Islam, sok Islam tp lebih kafir dr yg kafir dari agama manapun.

  173. #182 mantan kyai Monday, September 8th, 2008 at 3:38 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.1 on Windows Windows XP

    belom dapat SIB (surat ijin beragama) ??? *halah* !@!!@!!@!

Leave Your Response

Your email is never published nor shared. Make sure you enter the * required information where indicated.
Comments are not moderated, but note that "pertamax" word and its variants will be held in moderation queue.
This is a Gravatar-enabled weblog. And you can add Yahoo! Messenger emoticons to your comment.