Hello world! I'm Gunawan Rudy.

Goen, Rudy, Koh — you name it. Ordinary Homo sapiens, indolent blogger, webdesigner-wannabe.
Broadcasting to [...] watcher live from Djogjakarta, Indonesia, 7°45'58"S and 110°23'4"E.


Agama Itu Kompleks, Kawan…

// Blog // Sunday, February 24th, 2008 at 5:15 am // 84 comments

Rasanya sudah lama sekali semenjak terakhir aku mengeluarkan unek-unekku mengenai agama dan kepecayaan. Entah aku yang kehilangan seleraku mengenai hal itu, atau aku belum menemukan masalah yang menghantuiku. Tentu apa yang dituliskan itu tidak bisa dipaksakan. Itu bagiku. Apa yang kutulis mengalir begitu saja. Termasuk kali ini. Dan kali ini pendek saja.

Tempo hari Pak Sawali bertanya, “BTW, postingan religinya mana? kok lama ndak muncul mas gun?”, dan aku hanya tersenyum saja. Nampaknya sebuah pandangan lain mengenai agama dan kepercayaan di luar pandangan umum memang diperlukan. Ah, bukan. Atau tepatnya malah dinanti-nanti. Apapun alasannya, apakah sekadar untuk memperkaya khazanah berpikir, untuk ditertawakan, atau untuk dibantai. Yang jelas aku hanya menuliskan apa yang mengalir di otak mungil ini. Otak yang tidak secemerlang Microsoft Ambassador, programmer Eppendi dot com, atau IT Consultant itu. ;))

Ya, kita mulai, dan pendek saja…

Dalam sebuah obrolan ringan dengan temanku, topik tak sengaja mengalir ke masalah agama. Temanku dengan entengnya melontarkan kalimat, “Wah, Buddha itu agama yang ga berTuhan…”, ah, satu lagi kesalahpahaman mengenai Buddha, pikirku. Susah payah aku menjelaskan, tetapi ia tetap bertahan pada pendapatnya yang entah darimana ia mendapat doktrin seperti itu.

Sekali lagi aku melihat banyak pendapat bertaburan mengenai konsep Trinitas. Betapa simpelnya para penganut monotheist mengklaim bahwa dalam Trinitas terdapat TIGA Tuhan dan TIDAK mungkin TIGA Tuhan itu bisa mengatur alam semesta dengan alasan pasti akan bentrok dan saling menabrak. Kurasa sekali lagi, mungkin saja sebuah kesalahpahaman.

Sama halnya dengan pandangan-pandangan yang menilai Islam adalah agama yang identik dengan kekerasan, hanya dari melihat peristiwa-peristiwa kekerasan yang mengatasnamakan Tuhan, terorisme, dan banyak tindak kekerasan lainnya. Sebenarnya kurasa itu tidak sesimpel itu jika kita mau mempelajari lebih dalam bagaimana sebenarnya. Kesalahpahaman?

Mengapa kukatakan kesalahpahaman? Karena pendapat-pendapat seperti itu terlalu simpel. Agama lain seakan dipandang terlalu dangkal dan simpel, dengan sikap arogan tentunya. Agama lain dikomentari dengan mudahnya tanpa mempelajari lebih dalam seluk beluknya. Akhirnya apa yang terjadi? Pendapat-pendapat simpel seperti ini menyebar di masyarakat, dan bagi believer yang hanya bisa percaya dan ikut-ikutan saja, itu menjadi sebuah keyakinan terhadap pandangannya mengenai agama lain. Contoh mutakhir, tentu saja kesalahpahaman dan pendapat sederhana mengenai Satanism.

Contoh-contoh yang sudah kusebutkan di atas tidak perlu dibahas terlalu panjang lebar di sini, karena aku bukan membahas kasus-kasus itu, melainkan hanya mengenai pandangan simpel saja. Andai saja seorang pemeluk agama bisa memposisikan dirinya sebagai pemeluk agama lain, apakah dengan mudahnya ia bisa berpikir sesimpel itu? Mari kita lihat simulasinya, eh, maksudku contohnya saja. Aku menggunakan namaku sebagai contoh saja.

Gunawan adalah penganut agama Haruhiism. Dengan mudahnya ia mengatakan bahwa agama Yukiism itu tidak mungkin karena Yuki bukan Tuhan, melainkan hanya sahabat Haruhi, padahal ia tidak mengetahui banyak mengenai Yukiism. Ia sendiri tidak mencoba memposisikan diri sebagai pemeluk Yukiism. Dan ketika penganut Yukiism menjelek-jelekkan agama Haruhiism, lagi-lagi dengan pandangan simpel, ia marah besar dan membela habis-habisan. Padahal sebelumnya ia melakukan hal yang sama–menjelek-jelekkan–terhadap agama Yukiism. Standar ganda, dengan pandangan yang dangkal mengenai agama lain.

Kurasa, [semua] agama itu kompleks, kawan… Semua tidak sesederhana itu. >:D<

Labels: , , , ,


Facebook // Delicious // Digg // Technorati // Stumble // LintasBerita // Plurk // Twitter


84 Responses

  1. #1 Kerfirou Sunday, February 24th, 2008 at 6:41 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    bwahahaha!!!!

    betul sekali!! banyak orang yang juga meremehkan Animeism;)

  2. #2 vcrack Sunday, February 24th, 2008 at 6:44 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Klo Mr.G ini agamanya apa??
    :-]

    disini ndak boleh pertamax yah? [-x :-?? :))

  3. #3 vcrack Sunday, February 24th, 2008 at 6:46 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    wah gara2 comment ku sebelumnya ada kata pert*max e trus nggak muncul ki..

  4. #4 vcrack Sunday, February 24th, 2008 at 6:47 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Klo atheis gmn mr.G?

  5. #5 vcrack Sunday, February 24th, 2008 at 6:50 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    klo pert*max koq ndak boleh napa bro??

    ya dah hetr*k aja yah.. :p :p :p
    :)>- :)>- :)>- :)>- :)>-

  6. #6 IT Consultant Sunday, February 24th, 2008 at 7:03 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

    :)) udah mainan wiki aja!
    eh, tak masukin sabda gunawan = "agama itu kompleks kawan" ke wiki ya? ;))

  7. #7 saRe' Sunday, February 24th, 2008 at 7:54 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows Vista

    Kyon adalah tuhan!!!! [-o< [-o< [-o<

    :)) :))

  8. #8 danalingga Sunday, February 24th, 2008 at 8:37 From INDONESIA via Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    Wah, salah paham kan tuh jadinya. Tapi herannya ya itu tadi gun, walau dah di jelaskan dengan sangat rinci tentang kesalahpahaman tersebut, biasanya si orang itu tetap kukuh memegang anggapannya semula. Mengherankan bukan, ketika informasi dari orang yang menjalani agama itu di tolak, malah lebih mempercayai informasi dari orang luar yang kadang hanya melihat dari luarnya saja. Manusia memang hanya mau percaya apa yang hendak di percayainya.

    *melanjutkan membaca haruhi*

    Hem, kalo haruhi sih benar-benar kompleks. Makanya agama turunannya juga kompleks. :lol:

  9. #9 Cynanthia Sunday, February 24th, 2008 at 9:06 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Yap, setuju. :D
    Saking kompleksnya saya jadi malas kalau sudah memikirkan soal agama.... :">

  10. #10 daeng limpo Sunday, February 24th, 2008 at 9:16 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Setiap orang sudah terpola sejak lahir oleh lingkungan, karena demikianlah keadaannya. Seorang Ayah yang beragam A tentu menginginkan anaknya mengikuti agama yang dianutnya, karena menurut si A agama yang dianutnya benar. Sehingga secara langsung atau tidak langsung anaknya akhirnya mengikuti pola pikir tentang agama si A. Kalau ada yang berkeras dengan ego Agamanya walaupun telah diberi penjelasan panjang lebar seperti yang dikatakan mas Dana, demikianlah. Semakin kita memberi penjelasan semakin keras hati menentangnya, apalagi kalau penjelasan itu langsung menohok keyakinannya. Jadi biarkanlah setiap orang dengan apa yang mereka yakini.

  11. #11 Jiewa Sunday, February 24th, 2008 at 10:26 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.2 on Windows Windows XP

    Kompleks ? Perumahan kali disebut kompleks.. :P
    *ane tidak komepeten bicara agama*

  12. #12 cK Sunday, February 24th, 2008 at 10:43 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    saya mau peluk-peluk dek gun aja deh.. >:d<

    btw kitab suci haruhiism itu apa ya?? :-?

    *menunggu sabda lanjutan dari gun*

  13. #13 venus Sunday, February 24th, 2008 at 10:50 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    wuiihhh....ra mudheng agama2an :D

  14. #14 sawali tuhusetya Sunday, February 24th, 2008 at 10:59 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    mas gun, negeri kita ini kan dasarnya memang multikultur dan multiagama. menurut hemat saya sih, yang kita butuhkan saat ini bukan penjelasan teknik soal syariat atau teknis2 peribadatan yang lain karena itu persoalan internal. yang kita butuhkan saat ini adalah begaimana membangun sikap toleran dan saling menghargai sesama pemeluk agama sehingga kita tidak gampang lagi mengklaim sebuah justifikasi bagi agama yang dianutnya atau memberikan stigma pengkafiran bagi umat lain yang tidak sealiran. postingan mas gun saya nilai cukup bisa memicu semangat keberagamaan yang toleran itu,

  15. #15 IT Consultant Sunday, February 24th, 2008 at 12:18 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

    loh ada simbok venuuuuus!!! :d

  16. #16 iman brotoseno Sunday, February 24th, 2008 at 12:37 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Mac OS X Mac OS X Mach

    satu pertanyaan,
    Kalau mualaf versi Buddha namanya apa Gun ?
    ( pertanyaan sewaktu hujan hujan di Kuil Sam Poo Kong )

  17. #17 -=«GoenRock®»=- Sunday, February 24th, 2008 at 13:35 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Dowh, masalah agama, sensitip tenan iku .8-|. Ora wani komeng. Eh... lha kok ngeyel ngomeng :-]

  18. #18 annots Sunday, February 24th, 2008 at 17:49 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Hadduuw, kalo mau belajar kek gini dapetnya di mata kuliah apa Gun? sepertinya aku perlu ngambil mata kuliah itu :D

  19. #19 Xaliber von Reginhild Sunday, February 24th, 2008 at 18:07 From INDONESIA viaUnknown browser

    Apakah ini ada hubungannya dengan tafsiran-singkat-yang-sederhana? :-? Atau justru simplifikasi arti?

    Seperti... makna satir yang bisa cukup berubah seperti tertulis di Wikipedia Simple dan akhirnya menimbulkan kesalahpahaman arti seperti [disini]?

    Dan akhirnya semuanya menggeneralisasi... bukankah begitu?

  20. #20 moerz Sunday, February 24th, 2008 at 19:12 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    dasar hedonis... :">

  21. #21 Me-u Sunday, February 24th, 2008 at 20:51 From QATAR via Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    apakah hirumaism itu termasuk agama? :D

  22. #22 nico Sunday, February 24th, 2008 at 22:05 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

    kok saya malah keinget BANGSAWAN ya?:D

  23. #23 Alex Budiyanto Sunday, February 24th, 2008 at 23:38 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows Vista

    Yup, gw baru bisa memahami pluralisme setelah gw kuliah DISINI. Ya, sebuah lingkungan yang bisa membuka 'tempurung' untuk melihat keberagaman di dunia ini.
    Karma++
    *eh, tombol karma-nya dimana ya?*

  24. #24 walahwalah Sunday, February 24th, 2008 at 23:55 From INDONESIA via Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    keyakinan terhadap agama sendiri itu penting, tapi toleran terhadap penganut agama lain juga amat sangat penting

  25. #25 Goenawan Lee Monday, February 25th, 2008 at 2:03 From NORWAY via Opera Mini/Mobile Opera Mini/Mobile 3.1.7196

    Tumben loe nulis agama malah adem ga misuh-misuh, Goen?

  26. #26 deking Monday, February 25th, 2008 at 2:24 From NETHERLANDS via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Perbedaan sudut pandang (entah apa latar belakangnya) memang selalu merepotkan ...

    *bersyukur keycode-nya cuma "munkar" ... bukan "kafir" :D

  27. #27 Diki Monday, February 25th, 2008 at 3:55 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.6 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    mau haruhiism, kyonism atau yukiism.. mendingan lakukan gerakan joget hare-hare yukai bagian masing-masing aja dengan benar supaya bisa joget hare-hare yukai bareng dan kompak di akhir episode... :x ~:>

  28. #28 aldohas Monday, February 25th, 2008 at 7:31 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    sepakat...
    dan mungkin emang gak ada perlunya kita ngurusi agama orang lain

    urusi dulu ja agama sendiri, masih banyak yang perlu dilakukan daripada sibuk2 ngurusin agama lain

  29. #29 CY Monday, February 25th, 2008 at 8:42 From INDONESIA via Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Betapa simpelnya para penganut monotheist mengklaim bahwa dalam Trinitas terdapat TIGA Tuhan dan TIDAK mungkin TIGA Tuhan itu bisa mengatur alam semesta dengan alasan pasti akan bentrok dan saling menabrak.

    saya mau OOT dikit, ada ga org yg tau makhluk apa yg hidup di galaksi lain selain bimasakti ini??
    ga ada kan..., kalo hal sesederhana itu saja manusia semua ga tau, bagaimana bisa menyelami pikiran Tuhan Sang Raja Langit yang Maha Pintar itu??? mau 3 kek, mau 10 kek kenapa ada yg merasa bisa mengklaim kalau itu bakal bentrok dan saling menabrak dgn kapasitas otaknya yg hanya secuil debu diantara seribuan galaksi di semesta ini?? Sadarrr dongg... hehehe...

  30. #30 suprie Monday, February 25th, 2008 at 9:11 From UNITED STATES via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows 2000

    iya, agama memang kompleks dan setau saya jika diskusi mengenai Agama, harus dilakukan secara baik - baik , tanpa mencela agama lain, dan satu lagi adalah tanpa terkesan memaksakan kehendak. ehehehehe keren postingannya, mengangkat tema agama tanpa menjelekkan satu agama pun.

  31. #31 loper Monday, February 25th, 2008 at 11:11 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

    AGAMA Issue yang sentitip ... mending bahas yang lain aja |:d|

  32. #32 funkshit Monday, February 25th, 2008 at 12:29 From INDONESIA via Opera Opera 9.21 on Windows Windows XP

    segini dibilang pendek. ..ehm.. tapi juga malah kurang panjang dinks

  33. #33 Cabe Rawit Monday, February 25th, 2008 at 12:29 From INDONESIA via Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Kalo yang didisikusiin adalah perbedaan atawa perbandingan agama, memang bisa mancing emosi dan perdebatan tidak bermutu. Kenafa kita tidak nyoba ngebahas persamaannya saja?:)>-

  34. #34 CY Monday, February 25th, 2008 at 14:25 From UNITED STATES via Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    @cabe rawit
    ngebahas persamaan juga bakal mancing emosi dan debat ga mutu, soalnya ada segelintir umat yg merasa eksklusip dan ekstra khusus dimata Tuhan sehingga tidak mau disamakan dgn umat lain yg beda aliran (:|

  35. #35 CY Monday, February 25th, 2008 at 14:27 From UNITED STATES via Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    woooii... mana tuan rumahnya... :d
    *sekalian test Gravatar*

  36. #36 iphan Monday, February 25th, 2008 at 14:52 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Aku percaya Tuhan mendengar doa kita. Entah bagaimanapun cara kita menyembahNya...

  37. #37 sigid Monday, February 25th, 2008 at 14:59 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Ya, mungkin kita semua harus hati-hati supaya ndak terjebak dalam agama.
    Berdebat tentang agama bisa jadi keblinger karena itu bukan intisarinya.
    Agama seyogyanya membantu kita memahami Tuhan dan bukan tujuan akhirnya.
    Dan, Tuhan (yg penuh kasih, kebijaksanaan, dsb.) tidak perlu diperbedatkan.
    Bukankah kita semua (?) yakin kalau Tuhan itu "maha" dan Tuhan itu satu. :)>-

  38. #38 Parta Monday, February 25th, 2008 at 15:45 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.9 on Windows Windows XP

    memang susah kalo berdebat topiknya masalah keyakinan, dan saya paling males kalo sudah berdebat masalah keyakinan gak akan ada habisnya, wong kita aja gak tau di terima apa enggak amal perbuatan kita pada apa yang kita yakini saat ini, trus sempet-sempetnya memperdebatkan agama lain
    :-w :-?

    salam kenal dek gun.. :d

  39. #39 Okto Silaban Monday, February 25th, 2008 at 16:14 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.6 on Linux Linux

    Spertinya bukan seseorang menilai agama orang lain sepertinya yang salah... Tetapi orang tersebut yang salah memahami agamanya sendiri.. Jika dia bisa memahami agamanya sendiri dengan benar, maka dia pun bisa memahami / mengambil sikap yang baik dengan agama lain.

    Bukan begitu?

  40. #40 shinobigatakutmati Monday, February 25th, 2008 at 19:27 From HONG KONG via Opera Opera 9.25 on Windows Windows XP

    dasar ente! ane sumpehi keffir ente...!!! kalo ane aliran yoghurt :-]

    hehehe peace ^ ^

  41. #41 edratna Monday, February 25th, 2008 at 19:46 From INDONESIA via Mozilla Mozilla 1.7.8 on Windows Windows XP

    Saya percaya bahwa setiap agama atau kepercayaan mengajarkan kebaikan dan menolong sesama. Keluarga besarku multi agama....jadi saya melihat bahwa agama apapun inti ajarannya adalah hampir sama.

  42. #42 shinobigatakutmati Monday, February 25th, 2008 at 19:53 From HONG KONG via Opera Opera 9.25 on Windows Windows XP

    ane sumpehi ente keffir!!!! XD~ :-?

  43. #43 Goenawan Lee Monday, February 25th, 2008 at 22:34 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ Kerfirou: Lha terus? :D

    @ vcrack [1]: Sokooooooooooorrr.... =))

    @ vcrack [2]: Maksudnya? Atheist kan ndak berarti ndak beragama. :P

    @ vcrack [3]: :-w

    @ IT Consultant [1]: Udah sana wikikan! :))

    @ saRe': Haruhi!!! [-o<

    @ danalingga: Ah itu! Bullshit dengan mencari kebenaran, kecenderungan manusia memang hanya percaya dengan apa yang ingin dia percaya.

    @ Cynanthia: Caya ndak malas... :">

    @ daeng limpo: Membiarkan orang meyakini apa yang ia yakini memang bagus. Tapi itu dalam konteks internalagamanya, jika keyakinan terhadap salahnya agama lain (dengan sangat simpel), malah bisa membuat perselishan. ;)

    @ Jiewa: :|

    @ cK: >:D<
    Light Novel! :))

    @ venus: Nyantai mbok. :D

    @ sawali tuhusetya: Amiinnn... Itu juga yang saya harapkan pak. Ndak usah segala ngurusi tetek bengek itu. Jika agama yang diyakini welas asih dan cinta damai, maka berbuatlah welas asih dan damai terhadap siapapun. :)

    @ IT Consultant [2]: :|

    @ iman brotoseno: Kan udah dijawab... :|
    *lempar ke CY*

    @ -=«GoenRock®»=-: Kekekeee.. Ini aku nulis dengan damai, bro. :D

    @ annots: Jahhh... Yang beginian sih mikir ndiri aja. :D

    @ Xaliber von Reginhild: Pernah baca entriku yang "Jangan sepotong-sepotong juga dong, Pak"? :P

    @ moerz: Maksud?

    @ Me-u: Maaf, itu ndak terdaftar! Haruhiism yang resmi, ada situsnya haruhiism.com

    @ nico: Maksud?

  44. #44 Goenawan Lee Monday, February 25th, 2008 at 22:35 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ Alex Budiyanto: Wah, promosi kampus neh. :))
    Gue sih udah dari SMA, dan keluarga besar yang multireligi. :))

    @ walahwalah: Itu. :D

    @ Goenawan Lee: Suka-suka gue dong!

    @ deking: Tapi perbedaan itu ga mustahil buat disatukan kan? :P
    Keycodenya itu malaikat om. :D

    @ Diki: Bener ituh... =)) ~:>

    @ CY [1]: Nah, manusia coba melogikan Tuhan dengan sederhana kan? =))

    @ suprie: Heheheee... Tumben ga misuh kan? Artinya udah deket ke pencerahan. :-j

    @ loper: Kalau sensitif, amannya ga usah beragama aja ya?

    @ funkshit: Terus? :|

    @ Cabe Rawit: Persamaan? Wuih, eh keduluan si CY...

    @ CY [2]: Nah loh. :))

    @ CY [3]: Mana gravatarnya? :D

    @ iphan: Amen. :D

    @ sigid: Jahahaaa... Tepat sekaleee!
    Manusia udah sibuk mikirin agama, hukum-hukum agama lah, tapi kok lupa sama Tuhan? :|

    @ Parta: Ya, kita ga tau apa kita bener ato salah. Kita cuma bisa yakin kan? :))
    Salam kenal juga. Wuih, dipanggil dek... :">

    @ Okto Silaban: Haaa... Tapi kadang jika terlalu 'candu' dengan agama sendiri,agama lain dinilai 'di bawah'. :|

    @ shinobigatakutmati [1]: :|

    @ edratna: AH, sama Bu. Keluarga besar saya juga. Semua intinya menuju kebaikan bersama, hanya sayang sebagian manusia ada yang ngerasa paling tinggi derajatnya. :)

    @ shinobigatakutmati [2]: :-w

  45. #45 niez-nya adit Monday, February 25th, 2008 at 22:41 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    apa itu artinya kita mesti mempelajari ajaran agama lain dan memposisikan diri sebagai pemeluk agama tersebut ?? padahal ajaran agama kita sendiri aja masih banyak yang masih perlu kita pelajari... :-?
    saya bingung. ga usah ngomentarin agama lain aja lah... *cari aman :-]

  46. #46 Goenawan Lee Monday, February 25th, 2008 at 22:58 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ niez-nya adit: Itu kalau mau ngomentarin. Ngeposisiin itu cuma agar kita tau rasanya dikata-katain dengan argumen simpel. :|

  47. #47 Xaliber von Reginhild Tuesday, February 26th, 2008 at 0:08 From INDONESIA viaUnknown browser

    Pernah, lalu? :D
    *sedang lambat menangkap info*

    Oh, maksudnya seperti halnya yang terjadi dalam entri itu kah?

  48. #48 Xaliber von Reginhild Tuesday, February 26th, 2008 at 0:09 From INDONESIA via Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    *lupa, pesan di atas seharusnya ditujukan pada bang Goenawan Lee atas tanggapannya terhadap komentar saya sebelumnya.

  49. #49 Goenawan Lee Tuesday, February 26th, 2008 at 0:12 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ Xaliber von Reginhild [1]: T E F A T ! :-]

    @ Xaliber von Reginhild [2]: ?

  50. #50 Goenawan Lee Tuesday, February 26th, 2008 at 0:51 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ aldohas: Sorry kejaring Akismet. :D
    Ya ini dia, banyak umat sekarang yang hobi ngata-ngatain tanpa bercerminke diri sendiri. :|

  51. #51 fertob Tuesday, February 26th, 2008 at 2:17 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    *sial, keycode-ku bisa-bisanya seraphim. kalau seraphim yang dilempar dari surga, ya mungkin saja* >:)

    kurasa tidak perlu berpanjang lebar disini : Saya Setuju dengan Anda.

    :d

  52. #52 Goenawan Lee Tuesday, February 26th, 2008 at 2:22 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ fertob: Kayaknya random keycode ini asyik ya. :))
    Sayang aku login. >:)

    Ya, karena pendek saja. :D

  53. #53 The Sandalian Tuesday, February 26th, 2008 at 2:23 From INDONESIA via Opera Opera 9.24 on Windows Windows XP

    Asem namaku ikut ketulis T_T

  54. #54 Goenawan Lee Tuesday, February 26th, 2008 at 2:24 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ The Sandalian: Horeee... Kesummon!! |:d|

  55. #56 Goenawan Lee Tuesday, February 26th, 2008 at 3:34 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on Windows Windows XP

    @ Kroco Geddoe: *klik*

  56. #57 Nazieb Tuesday, February 26th, 2008 at 19:50 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Bagi saya, saya adalah Tuhan!!!!

    *pergi ke mesjid [-O<

  57. #58 Goenawan Lee Tuesday, February 26th, 2008 at 19:56 From INDONESIA via Netscape Navigator Netscape Navigator 5.0

    @ Nazieb: :|

  58. #59 nazel0612 Wednesday, February 27th, 2008 at 14:05 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.1 on Windows Windows XP

    [-x

    mengenai tulisan di atas, aku hanya berkomentar *kembali pada diri masing-masing*

    because : diri kita sendiri lah yang berurusan dengan Tuhan, bukan orang lain. dan untuk memantapkan hati tidak perlu mendengarkan bisikan dari lain tentang apa yang kita yakini.

    *kita berbeda*

  59. #60 Goenawan Lee Wednesday, February 27th, 2008 at 14:14 From INDONESIA via Netscape Navigator Netscape Navigator 5.0

    @ nazel0612: Salah konteks, bukan terhadap apa yang kita yakini, tapi bagaimana manusia memperlakukan milik orang lain. Dalam konteks ini agama orang. :P
    Agama orang diperlakukan sepele, dicap hasil karangan lah, apa lah. Kakakaaaaa... :))

  60. #61 nazel0612 Wednesday, February 27th, 2008 at 14:34 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.1 on Windows Windows XP

    x(

    untuk apa mempermasalahkan agama orang lain??? agama sendiri aja belum tentu dijalankan dengan benar :))

  61. #62 Goenawan Lee Wednesday, February 27th, 2008 at 14:41 From INDONESIA viaUnknown browser

    @ nazel0612: Maka dari itu saya ga suka apabila dalam pengajaran (pendoktrinan) agama ada udah nyinggung agama lain. Ngata-ngatain agama ini dimodif lah, blablabla lah...Taik kucing semua!

  62. #63 nazel0612 Wednesday, February 27th, 2008 at 14:52 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.1 on Windows Windows XP

    =))

    salah mas, yang lebih tepat lagi tai anjing. itu lebih buat orang yang tak bisa menghargai agama lainnya.!!!

  63. #64 J Algar Monday, March 10th, 2008 at 15:51 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.5 on Windows Windows XP

    Iya kompleks, tapi tidak semua agama sama kadar kompleksnya
    *alah ribet nih saya* :)

  64. #65 J Algar Monday, March 10th, 2008 at 15:53 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.5 on Windows Windows XP

    OOT, kayaknya agama saya yang paling kompleks ;)
    *maksa banget*

  65. #66 Goenawan Lee Monday, March 10th, 2008 at 17:40 From INDONESIA via Flock Flock 1.0.9 on Windows Windows XP

    @ nazel0612: ;))

    @ J Algar [1]: And so subjectivity works.... :D

    @ J Algar [2]: See? ;))

  66. #67 DensS cessario Monday, March 10th, 2008 at 17:52 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows Vista

    koq gw sepertinga farmiliar dengan kata Haruhi, Anime kah?

  67. #68 Goenawan Lee Monday, March 10th, 2008 at 18:21 From INDONESIA via Flock Flock 1.0.9 on Windows Windows XP

    @ DensS cessario: Sila klik halaman DOWNLOAD. :D

  68. #69 brainstorm Friday, March 14th, 2008 at 21:22 From INDONESIA via Opera Opera 9.23 on Windows Windows 2000

    daripada haruism saya lebih tertarik Miyabism..

    Vote : MIYABI for God!! ^:)^

  69. #70 zahra Saturday, March 15th, 2008 at 6:57 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Fedora Linux Fedora Linux

    yah, memang agama itu kompleks gun...

    kompleks di sini klo menurut saia, yaitu ketika seseorang yang bersangkutan tidak mengetahui/lebih dalam ttg agama nya sendiri/agama lain lantas dibenaknya tidak menerima benturan2 yang ada dalam menyikapi kompleksitas itu sendiri...akibatnya org ini memandang masalah agama yang kompleks terlalu sederhana dengan men-judge salah thd suatu agama...

    justru klo kita belajar agama harusnya lebih menambah khasanah berpikir kita dan lebih menghargai "agamanya sendiri" dan agama lain...dan mudah2an kita bukan termasuk memahami agama hanya dari kulit/simbol saja...akan tetapi substansinya...

    btw, saia akan bakar gun klo menganut haruism...secara saia fanatik sama lelouch-ism

    :d

  70. #71 noki Saturday, March 15th, 2008 at 8:07 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    agama itu adalah keyakinan kita terhadap tuhan,jadi jangan bawa agama untuk mencari uang politik, ataupun yang lain

  71. #72 Goenawan Lee Saturday, March 15th, 2008 at 12:25 From INDONESIA via OmniWeb OmniWeb on Mac OS Mac OS X

    @ brainstrom: Heeeee... :-w

    @ zahra: Nice comment! Ini dia yang saya maksud-maksudkan. Terlalu mudah untuk melakukan judge terhadap unsur-unsur luar, padahal ndak tau mengenainya. :|

    All Hail Haruhiism!

    @ noki: Agama --> Tuhan?
    Oh ya...? :-?

  72. #73 daaan Saturday, March 15th, 2008 at 15:41 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.9 on Mac OS Mac OS

    aduh pusing kalo ngurusin agama, mending ga usah ada agama, ganti aja dengan kepercayaan loh podo wae *kabuur*

  73. #74 Goenawan Lee Saturday, March 15th, 2008 at 16:46 From INDONESIA via Flock Flock 1.1 on Windows Windows XP

    @ daaan: Blasphemy~

  74. #75 ardianzzz Wednesday, March 26th, 2008 at 12:19 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.6 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    Hallo? salam kenal + ikut numpang komentar...
    emang sekarang jamannya dah ruwet..
    di lingkungan manusia jaman sekarang telah muncul berhala-berhala baru yang bernama agama...

    yeah kenyataanya orang-orang telah mendewakan agama dan melupakan tuhan...
    (sekedar pandangan umum lho...)

  75. #76 Goenawan Lee Wednesday, March 26th, 2008 at 15:26 From INDONESIA via OmniWeb OmniWeb on Mac OS Mac OS X

    @ ardianzzz: Salam kenal. Ajaibnya pandangan kita hampir mirip. :))

  76. #77 detnot Thursday, March 27th, 2008 at 13:45 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.9 on Windows Windows XP

    siyaaaaaaaaaaaaaaaal
    bisa bisanya saya ketinggalan mbaca postingan yang ini :o:o

    hidup gun :x

  77. #78 Goenawan Lee Thursday, March 27th, 2008 at 15:01 From INDONESIA via Flock Flock 1.1 on Windows Windows XP

    @ detnot: Hwahahaaa... :))

  78. #79 ardianzzz Thursday, March 27th, 2008 at 15:19 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.6 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    hehehe...
    mungkin kita bisa jadi teman..
    ajaib? biasa saja
    terlihat batas-batas yang jelas antara kebetulan dengan takdir. (<-- hahah meracau!)
    :o :o :o

  79. #80 Goenawan Lee Thursday, March 27th, 2008 at 15:31 From INDONESIA via OmniWeb OmniWeb on Mac OS Mac OS X

    @ ardianzzz: *menyembah Haruhi* ^:)^

  80. #81 ardianzzz Friday, March 28th, 2008 at 10:44 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    hahahahha...

  81. #82 Qahar Friday, March 28th, 2008 at 16:12 From INDONESIA via Opera Opera 9.26 on Windows Windows XP

    Sebenernya dalam ajaran tiap-tiap agama terdapat keluhuran untuk saling menghormati pemeluk lain. Hanya saja, seringkali, banyak orang membangun identitas atas agama yang ia peluk. Identitas terbentuk dengan dua hal, simbol dan ideologi. Dalam proses ideologi inilah saya pikir terdapat proses eksklusifitas doktrin keagamaan. Jangankan dengan mereka yang berbeda agama, terkadang seagama saja bisa terdapat banyak aliran identitas.
    Saya senang bisa menemukan web ini :)

  82. #83 Goenawan Lee Friday, March 28th, 2008 at 17:22 From INDONESIA via Safari Safari 125.8 on Mac OS Mac OS

    @ ardianzzz: :|

    @ Qahar: Ya, tepat sekali bung. Sepert yang saya komentarkan di blog Lae Toga, "Seperti yang dari dulu saya khawatirkan, agama terlalu diagung-agungkan sampai-sampai kadang lupa nilai-nilai kemanusiaan yang luhur. Padahal seperti yang Lae tulis, nilai kemanusiaan itu bagian dari agama juga kan?" ;)

  83. #84 MantanSuperman Tuesday, October 7th, 2008 at 9:25 From INDONESIA via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.3 on Windows Windows XP

    Aku ga mau dibilang "manusia tak beragama!",>:)
    Tapi aku CINTA DAMAI:x!@!
    karena gua anak gaul |(:=!!@!x)p

Leave Your Response

Your email is never published nor shared. Make sure you enter the * required information where indicated.
Comments are not moderated, but note that "pertamax" word and its variants will be held in moderation queue.
This is a Gravatar-enabled weblog. And you can add Yahoo! Messenger emoticons to your comment.